DPD RI berkunjung Ke ADDATUANG SIDENRENG, Terkait RUU Perlindungan Dan Pelestarian Adat Budaya Kerajaan Nusantara

oleh -435 views

Sidrap- DPD RI kembali berkunjung Ke Kerajaan (ADDATUANG) SIDENRENG, kunjungan kali ini terkait RUU Perlindungan Dan Pelestarian Adat Budaya Kerajaan Nusantara dalam hal Penyusunan Naskah Akademik untuk dilanjutkan ke Prolegnas Prioritas dalam pembahasan Tripartit. Dan di harapkan akan menjadi UU pada tahun 2023. Rombongan DPD RI tersebut di terima di kediaman Ketua Dewan Hadat Tinggi Sidenreng, Drs H. Andi Syafiuddin A. Achmad MH (Petta Cacang), Minggu, 25/09-2022.

Di ketahui RUU Perlindungan Dan Pelestarian Adat Budaya Kerajaan Nusantara, Awalnya dari dewan kerajaan nusantara, Termasuk Addatuang Sidenreng XXV, Dr Ir H Andi Faisal. Yang memerintahkan (bertitah) Pada DPD RI untuk memperjuangkan RUU tersebut.

“Kebetulan Kami di beri amanah, untuk melanjutkan naskah akedemik ini, yang memang awalnya, memang dari dewan kerajaan nusantara, termasuk Addatuang yang memberikan perintah, kepada DPD, supaya dapat di perjuangkan RUU Perlindungan Dan Pelestarian Adat Budaya Kerajaan Nusantara” Ungkap Kaperpusjakum DPD RI, Dr. Andi Erham.

Dalam hal Penyusunan Naskah Akademik ini, Team DPD RI hanya mengunjungi dan memilih kerajaan tiap pulau, oleh karna jika mengunjungi semuanya, ada ratusan kerajaan. bisa-bisa naskahnya tidak akan selesai. sebelumnya DPD RI telah mengungjungi Kesultanan Deli-Medan, Puri Denpasar-Bali, kemudian Tiba di Kerajaan Addatuang Sidenreng, lalu akan di lanjutkan ke Kesultanan yogya, Kutai Kartanegara, dan terakhir di Kesultanan Ternate.

RUU tersebut adalah untuk meletakkan landasan kerajaan agar dapat berkiprah dalam bidang kebudayaan nusantara;
“Kembali mengunjungi kerajaan Adatuang sidenreng sidrap-sulawesi selatan, dihadiri juga raja binuang (Polman-Sulbar), Dalam rangka menerima masukan terkait Naskah Akademis tentang RUU Perlindungan Dan Pelestarian Budaya Adat Kerajaan Nusantara untuk meletakkan landasan kerajaan untuk dapat berkiprah dalam bidang kebudayaan nusantara juga dihadiri karo setpim DPD RI (Sanherif S Hutagaol,M.Si), Kaperpusjakum DPD RI (Dr. Andi Erham), Tim Pokja Kerajaan Nusantara serta legal drafter.” Kata, Staf Ahli Ketua DPD-RI (AA LaNyalla Mahmud Mattalitti), Dr. Yurisman Star, SE., M.Si, dalam postinganya di sosmed.

Adapun Komponen Addatuang Sidenreng yang dihadirkan dalam kegiatan Yakni;
PYM Addatuang Sidenreng XXV, Dr Ir H Andi Faisal Sapada SE MM, Ketua Dewan Hadat Tinggi Sidenreng, Drs H. Andi Syafiuddin A. Achmad MH (Petta Cacang), Beserta Istri yang juga Anggota Dewan Hadat Tinggi Sidenreng Syarifa Warda Nelly, beberapa Anggota Dewan Hadat Tinggi dan Pemangku Adat.

Juga Hadir dalam Kegiatan, Arajang Binuang XVIII Andi Irfan Mappaewang beserta Arung Malolo Binuang, Andi Erwin Massalisi.

Pemangku Adat, Arung Malolo Addatuang Sidenreng Ke-xxv, Andi Maisara Pancaitana Bunga WaliE, yang sedang berada di jakarta, yang di hubungi via celulernya. beliau mengatakan tidak berkesempatan hadir oleh karna bertepatan dengan acara beliau di jakarta. Pun begitu Andi Maisara mengapresiasi kegiatan tersebut, dan juga menghaturkan ucapan terima kasih kepada Anggota DPD RI yang telah meluangkan waktunya berkunjung ke sidenreng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.