Koramil 1420-03/Marittengae Karya Bakti Bersihkan Saluran Air dan Tumpukan Sampah Dipinggir Jalan

oleh -6 views

SIDRAP — Danramil 1420-03/Maritengngae Kapten Arh Ridwan dan jajarannya bersama dengan warga dan Staf Kelurahan Wala bergotong royong membersihkan saluran air dan tumpukan sampah di pinggir jalan Kel. Wala Kec. Maritengngae Kab. Sidrap, Kamis (8/2/2024).

Danramil 1420-03/Maritengngae Kapten Arh Ridwan mengatakan kerja bakti ini bertujuan mengurangi sumber penyakit yang bersarang di permukiman warga. “Kami tahu banyak musibah yang sering terjadi pada musim hujan, baik yang disebabkan oleh faktor alam seperti bencana alam ataupun dari faktor individu, yaitu jatuh sakit akibat lingkungan yang tidak bersih dan tidak terawat,” kata Danramil.

Kerja bakti dilakukan dengan cara membersihkan tumpukan sampah dan rumput di kanan kiri jalan poros Kelurahan serta membersihkan parit/selokan yang masih tersumbat.

“Harus diantisipasi, agar tidak terjadi musibah maka dilakukan tindakan preventif yaitu dengan menjaga kondisi tubuh dan keluarga sebaik mungkin agar tidak terkena penyakit,” katanya.

Menurut Danramil, salah satu caranya dengan membersihkan lingkungan sekitar dari genangan air agar tidak menjadi sarang penyakit. “Juga membersihkan selokan yang tidak lancar akibat penumpukan sampah dan pendangkalan. Selain menghindari perkembangbiakan nyamuk, juga menghindari bencana banjir akibat selokan yang tidak berfungsi dengan baik,” tuturnya.

Lurah Wala Ibu Nur’eni A, S.Sos., M.M. menuturkan, kegiatan karya bakti pembersihan saluran air yg tersumbat akibat tumpukan sampah bertujuan untuk memperlancar aliran air di lingkungan pemukiman. “Ketika nanti hujan agar tidak terjadi luapan air dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” katanya.

Ibu Nur’eni mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Danramil 1420-03/Maritengngae beserta jajarannya. Selain mengantisipasi bencana banjir kegiatan ini juga untuk membasmi bibit-bibit penyakit yang bersarang di tempat-tempat yang kotor.

“Karena ketika lingkunga itu bersih dan hijau masyarakat pun akan nyaman ketika beraktifitas. Tentunya kita ingin mewujudkan kondisi lingkungan yang hijau, bersih dan sehat,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.