Kunker di Sidrap, Pj Gubernur Sulsel Silaturahmi dengan Jajaran Pemda dan Forkopimda

oleh -5 views

Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sidrap sekaligus silaturahmi dengan unsur forkopimda dan pejabat Pemkab Sidrap, Kamis (11/1/2024).

Dalam kunjungannya, Bahtiar didampingi Pj. Sekda Pemprov Sulsel, Andi Muhammad Arsjad dan sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama Pemprov Sulsel.

Mereka disambut Pj. Bupati Sidrap, H. Basra dan Pj. Sekda, Muhammad Yusuf serta unsur forkopimda dan kepala OPD lingkup Pemkab Sidrap.

Mengawali kunjungannya, Bahtiar melakukan penanaman pisang cavendish dan memantau pangan murah di Desa Buae. Ia kemudian meninjau Gudang Logistik KPU yang terletak di kawasan PT Sang Hyang Seri Persero Cabang Sidrap, Jalan Cokroaminoto Kecamatan Maritengngae.

Adapun silaturahmi dengan unsur forkopimda dan pejabat Pemkab Sidrap, dihadiri pula pimpinan BUMN/BUMD, ketua PKK, DWP, KPU, Bawaslu, camat, lurah dan kepala desa serta undangan lainnya.

Pj Bupati Sidrap, H. Basra menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Pj Gubernur Sulsel bersama rombongan.

“Insya Allah kunker dan silaturahmi ini memberi keberkahan sekaligus menjadi momentum mensinergikan percepatan pelaksanaan pembangunan khususnya terkait delapan program prioritas Bapak Pj Gubernur,” sambutnya.

Delapan program prioritas yang secara nyata akan disinergikan di antaranya ketahanan dan kedaulatan pangan, pengendalian inflasi, mensukseskan pemilu dan pilkada.

“Izin melaporkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sidrap telah memenuhi komitmen untuk pembayaran tahap pertama sebesar Rp.14.212.087.000 atau 40 persen berdasarkan naskah perjanjian hibah daerah kepada KPU dan Bawaslu Sidrap dan sisanya 60 persen akan diselesaikan sebagaimana yang tertuang dalam APBD TA 2024,” ungkapnya.

Basra pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa, berdasarkan data BPS Sidrap ada kawasan peruntukkan untuk perkebunan seluas 14.640,71 hektar yang tersebar di 11 kecamatan yang siap disinergikan dengan program prioritas Pj Gubernur Sulsel.

“Saya atas nama pemerintah daerah senantiasa siap menunggu perintah untuk melaksanakan berbagai program kegiatan dan sub kegiatan Pemerintah Provinsi Sulsel yang dikolaborasikan dengan Pemerintah Kabupaten Sidrap,” sebutnya.

Sementara, Pj. Sekda Pemprov Sulsel, Andi Muhammad Arjad mengatakan, kunjungan Pj Gubernur Sulsel tentunya ingin melihat potensi yang ada di Kabupaten Sidrap.

“Kami mengajak bapak Pj Gubernur untuk melihat dimensi potensi lain yang dimiliki Sulsel, tadi sepanjang jalan beliau melihat bahwa masih banyak hal-hal yang bisa dimanfaatkan di Kabupaten Sidrap. Sidrap ini menurut beliau adalah salah satu raksasa yang sedang tidur, dengan kehadiran OJK, BPS Insya Allah kita bisa mewujudkan Sidrap yang lebih baik lagi ke depannya,” urai mantan Kepala Bappelitbangda Sidrap itu.

Arsjad juga menyampaikan bahwa, di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin angka DBH lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya

“Ini diperjuangkan beliau dan tentu ini menjadi suplemen bagi kabupaten/kota dalam rangka membiayai program-program kegiatan ataupun belanja-belanja pembangunan yang mungkin selama ini belum bisa kita tuntaskan dengan kemampuan APBD kita,” terangnya.

Pada acara silaturhami yang turut dihadiri kepala OJK Sulampua Regional VI, Darwisman dan kepala BPS Sulsel, Aryanto, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dalam sambutannya memuji potensi yang ada di Kabupaten Sidrap.

Bahkan, Bahtiar untuk tahun ini merencanakan memenuhi pohon durian musang king di salah satu kawasan air terjun yang ada di daerah Kecamatan Pitu Riase.

“Banyak data yang saya dapatkan dan Pak Sekprov telah meyakinkan saya bahwa yang cocok di sana durian musang king. Kalau hari ini kita mau makan durian musang king harus ke Johor atau Selangor, Insya Allah tiga tahun lagi kalau mau makan durian musang king tinggal ke daerah Pitu Riase,” kata Bahtiar disambut aplaus para undangan.

Bahkan di hadapan undangan, Bahtiar menyebut Kabupaten Sidrap sebagai rajanya pangan di Sulsel dibanding daerah lain.

“Kalau dibandingkan Bone, Wajo dan Luwu yang lahannya lebih luas, tapi kalau berbicara beras pasti dari Sidrap, itulah hebatnya Sidrap, apalagi didukung dengan pabrik-pabrik hebat yang ibaratnya berkelas dunia semua ada di Sidrap, selain itu ada juga telur, inilah kekuatan yang dimiliki Sidrap dibanding daerah lainnya,” pujinya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Sulsel juga menyerahkan secara simbolis bibit cabai dan timun kepada Pj Bupati Sidrap, Kapolres dan Dandim 1420.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.