Serda Ibnu Tamin Dampingi Petani Merawat Jagung

oleh -18 views

Nagan Raya – Pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Hak untuk memperoleh pangan merupakan salah satu hak asasi manusia, sebagaimana tersebut dalam pasal 27 UUD 1945 maupun dalam Deklarasi Roma (1996). Pertimbangan tersebut mendasari terbitnya UU No. 7/1996 tentang Pangan. Sebagai kebutuhan dasar dan salah satu hak asasi manusia, pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidak-stabilan ekonomi. Berbagai gejolak sosial dan politik dapat juga terjadi jika ketahanan pangan terganggu. Kondisi pangan yang kritis ini bahkan dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Ibnu Tamin Babinsa Posramil Suka Makmue Kodim 0116/Nagan Raya ditugaskan mendampingi petani bernama Abdullah di Desa Lueng Baroe Kecamatan Suka Makmue saat membersihkan gulma dan rumput liar di sekitar tanaman jagungnya, Kamis (06/10/2022).
Serda Ibnu Tamn menuturkan Petani pak Abdullah tersebut memiliki lahan seluas satu hektar yang ditanami jagung varietas Hibrida Pioneer dengan usia tanam 60 hari. “Selain membersihkan gulma, rumput liar, memeriksa penyakit jagung juga mengontrol pipa air yang terhubung sumur bor. Alhamdulillah lahan jagung milik Pak Abdullah tampaknya aman,” tutur petugas pendamping.

Danposramil Suka Makmue Peltu Suwandi mengatakan, pendampingan terhadap petani para Babinsa merupakan upaya untuk mendukung meningkatkan hasil produksi pertanian, baik padi, jagung maupun kedelai agar program ketahanan pangan tercapai. Para Babinsa harus mengajak dan memotivasi para petani untuk mengolah lahan dengan baik, tepat dan benar sesuai anjuran PPL.

Melalui pendampingan ini para Babinsa bisa mengetahui kendala yang dihadapi petani agar bisa segera diatasi melalui koordinasi berssama petugas penyuluh lapangan dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan. (*)

Editor: A2W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.