Upacara Kemerdekaan RI ke-79 di Sidrap Dipimpin Dandim dengan Khidmat

oleh

Sidrap – Upacara penaikan bendera merah putih memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 digelar dengan khidmat di Kantor Gabungan SKPD Jl. Harapan Baru, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WITA ini dihadiri oleh berbagai unsur masyarakat dan pemerintah setempat.

Kegiatan upacara tingkat kabupaten tersebut, dipimpin oleh Dr. H. Basra S. Kep., M.Kes sebagai Inspektur Upacara, yang merupakan Penjabat Bupati Sidrap.

Sedangkan, Perwira Upacara dijabat oleh Kompol Nurdin, S.Sos, Kabak Sumda Kab. Sidrap, dan Komandan Upacara adalah AKP Nawir S.E, Kasat Lantas Polres Sidrap.

Kehadiran Letkol Inf Awaloeddin S.I.P., Dandim 1420/Sidrap, memberikan warna khusus pada upacara tahun ini. Dandim Awaloeddin menekankan pentingnya semangat persatuan dan kesatuan dalam memperingati kemerdekaan.

“Upacara hari ini adalah wujud penghargaan kita terhadap jasa-jasa para pahlawan. Semangat kemerdekaan harus terus kita jaga dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam membangun daerah dan bangsa,” ujar Dandim.

Upacara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, antara lain Muhammad Yusuf DM S.H S.kn. (Pj Sekda Kab. Sidrap), Akbp Dr. Fantry Taherong, SH, S.I.K, M.H (Kapolres Sidrap), serta H. Ruslan, SH., MAP (Ketua DPRD Sidrap).

Tampak pula kehadiran Sutikno, S.H., M.H. (Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Sidrap), dan Jumadi Apri SH., M.H (Ketua Pengadilan Negeri Sidrap), yang menunjukkan dukungan penuh terhadap peringatan hari bersejarah ini.

Suasana upacara diwarnai dengan penampilan sejumlah platoon dari berbagai instansi, termasuk aparat pemerintah dan pelajar.

Penampilan paduan suara pelajar SMP dan SD menambah khidmat suasana.

Peserta upacara yang terdiri dari satu platoon Dis Hup Sidrap, satu platoon Pemda Keki Sidrap, serta berbagai platoon PGRI dan pelajar, turut memperlihatkan semangat nasionalisme dan persatuan.

Upacara berakhir sekira pukul 10.15 WITA. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian remisi di Lapas II B Sidrap, sebagai bagian dari rangkaian peringatan kemerdekaan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *